Untuk hubunganya sendiri manajemen
organisasi serta tata kerja memiliki hubungan yang sangat erat.
Organisasi yang baik untuk mencapai tujuanya perlu manajemen yang baik.
Begitupun sebaliknya untuk mendapatakan manajemen yang terbaik
diperlukan sebuah organisasi yang memiliki orang-orang yang terampil,
kreatif serta mampu bekerja secara tim untuk mewujudkan cita-cita yang
ingin dicapai oleh organisasi. Walaupun sudah memiliki organisasi serta
manajemen yang baik masih dibutuhkan satu lagi sebagai pelengkap yakni
tata kerja. Tata kerja sendiri dimaksudkan sebagai alat yang digunakan
sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya. Tanpa adanya tata kerja yang
tepat maka manajamen yang telah dibuat tidak akan maksimal sehingga apa
yang ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan.
Apabila organisasi, manajemen dan tata kerjanya dilakukan dengan kerja
sama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat
dilakukan secara tepat dan lebih terkoordinir sesuai dengan proses
kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil
yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya
jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu
akan saling menguntungkan untuk ketiganya.
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
- Manajemen: proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi: alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
- Tata Kerja: pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
0 comments:
Posting Komentar