Swamitra koperasi di dirikan pada tahun 2005, dan memiliki keseluruhan anggota
kurang lebih sebanyak 500 anggota yang terdiri dari anggota, pendiri, dan calon
anggota. Koperasi ini memiliki modal tetap, tidak tetap (didapat dari pihak
Bank Bukopin), dan Swamitra (dari merk brand Bank Bukopin). Dan simpanan pokok,
wajib, dan sukarela yang besarnya tidak dapat diberitahu kepada pihak luar,
karena merupakan kepentingan internal perusahaan.
Salah satu cabangnya yaitu terletak
di jalan raya condet. Koperasi ini mempunyai Visi dan Misi, yaitu mempermudah akses pemberian
pinjaman modal kerja kepada pengusaha mikro atau yang dikenal juga dengan
sektor informal, misalnya warung-warung kecil, pedagang kaki lima dan lain
sebagainya. Di koperasi ini bagi calon anggota yang belum menjadi anggota juga
di perbolehkan melakukan peminjaman. Karena calon anggota telah dianggap
berkontribusi dalam mendukung perkembangan bagi koperasi ini.
Jika ada anggota yang tengah membutuhkan pinjaman,
koperasi ini terlebih dahulu memberikan beberapa persyaratan umum kepada
anggota sebelum melakukan transaksi peminjaman dan biasanya koperasi ini
memeberikan bunga sebesar 1,7 %, dan persyaratan tersebut antara lain;
-
Foto copy KTP
-
Foto Copy Surat
Nikah/Cerai (bagi yang sudah menikah/cerai)
-
Foto Copy KK
-
Foto Copy
Rekening Listrik
-
Foto Copy
Jaminan
Untuk pilihan jaminan,
dapat berupa;
-
BPKB Mobil/Motor
(lengkap dengan kwitansi, faktur dan Foto Copy STNK)
-
Sertifikat
Tanah/Bangunan ( lengkap dengan IMB dan PBB terakhir)
Struktur organisasi
Swamistra
Struktur organisasi adalah kerangka yang
mewujudkan pola tetap dari hubungan-hubungan diantara bidang-bidang pekerjaan,
maupun orang-orang yang menunjukan kedudukan dan peranan masing-masing dalam
kebulatan kerjasama. Struktur organisasinya adalah sebagai berikut:
1.
Pengurus koperasi
Yang bertugas menyusus
program kerja, anggaran swamitra, pengawasan bisnis, dan operasi swamitra.
2.
Manager Swamitra
Memiliki tugas mengurus
seluruh usaha bisnis
3.
koordinator Operasinal
mengurus seluruh
aktivitas operasional swamitra
4.
Business Credit Support (BSC)
Bertugas mengurus
seluruh aktivitas supporting proses pinjaman di swamitra
5.
Staff Operasional
Bertugas melayani
seluruh aktivitas pelayanan kepada nasabah
dan debitur swamistra.
6.
Staff Internal Control
Bertugas mengurus
aktivitas control dan pengawasan operasional dan pembukaan usaha swamitra.
7.
Pembinan Pinjaman
Bertugas mengurus Seluruh
usaha aspek pembiayaan dan pendanaan Swamitra kepada anggota, calon anggota
koperasi yang bersangkutan, koperasi lain dan anggotanya.
8. Staff kolektor swamitra
Bertugas Mengkoordinir dan bertanggungjawab
terhadap semua kegitan operasional penagihan/kewajiban (pokok dan bunga) di
Swamitra mulai dari pelayanan informasi jumlah tagihan atau pembayaran dan
pelunasan kewajiban oleh debitur Swamitra sesuai dengan pedoman umum
operasional Swamitra dan kebijakan dari pengelola Swamitra.
Saran
Pihak koperasi harus bisa
mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern terutama dalam bidang peng
iklan an agar masyarakat sadar bahwa eksistensi koperasi masih ada. Koperasi juga
harus mulai bisa memberikan materi ke masyarakat tentang koperasi dan manfaat
nya.
Daftar pustaka
0 comments:
Posting Komentar