Rabu, 29 April 2020

Tugas 5 Organisasi dan Metode Saluran Komunikasi : “ Event ”

Nama : Septian Ahmad Syadad
Kelas  : 4DB02
NPM  : 36116925

Tugas 5 Organisasi dan Metode
Saluran Komunikasi : “ Event ”
            Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemakaian jasa event organizer. Selain faktor pemilihan konsumen secara langsung melalui promosi yang dilakukan event organizer dalam pameran, rekomendasi dari keluarga ataupun teman menjadi faktor dominan yang paling berpengaruh dalam mempersuasi seseorang sehingga akhirnya ia memilih perusahaan event organizer tertentu (Prativi & Sutrisno, 2008). Perkembangan zaman yang cukup pesat membuat berbagai hal menjadi semakin canggih dan efisien. Komunikasi menjadi salah satu hal ikut berkembang terutama dalam penggunaan nya. Penggunaan komunikasi tidak hanya di gunakan dalam lingkup kecil lagi namun juga di gunakan dalam lingkup yang lebih besar seperti dalam organisasi atau pun perusahaan. Komunikasi menjadi salah satu bagian penting dalam proses berkembang nya sebuah organisasi.
            Banya macam saluran komunikasi yang dapat di gunakan dan masing – masing memilki kelebihannya seperti salah satunya yaitu event. Seperti yang cukup sering kita lihat di lingkungan kita banyak organisasi atau perusahaan yang menggunakan event untuk pemesaran produk nya. Namun, poin penting dari itu semua adalah mereka berusaha berkomunikasi dengan masyarakat dengan event yang mereka buat. Event menjadi sarana yang cukup efektif dalam menyampaikan sebuah informasi. Event selalu memilki ciri khas nya yang cukup melekat yaitu dengan memberikan sebuah pertunjukan, konser, games, dan pameran. Event menjadi saluran komunikasi yang selalu membuat masyarakat antusias.
            Saluran komunikasi menggunakan event menjadi sarana yang cukup efektif dalam menyampaikan sesuatu karena dapat menarik banyak masa dan memberikan feed back yang cukup banyak bagi para pelaku event seperti mendapat pengalaman baru, memahami manajemen dalam sebuah acara, melatih kerja sama tim, dan lain-lain. Event menjadi hal yang sangat sering di gunakan organisasi dan komunitas dalam menyampaikan informasi nya.
            Namun, semakin berkembangnya teknologi terutama dengan hadirnya sosial media dapat menurunkan eksistensi dari sebuah event. Social media memiliki jangkauan akses yang lebih luas dan penggunannya yang praktis bisa membuat berkurang nya pengadaan event. Dalam hal ini komunkasi menggunakan event harus bisa mengembang kan sistem nya dan pengguanaan nya. Event harus bisa memberikan hal baru bagi masyarakat agar dapet terus merasakan euphoria yang event milki namun tidak di milki sosial media. Para organisator juga harus mulai mengadakan observasi rutin untuk mengatahui apa yang masyarakat butuhkan agar pengadaan sebuah event bukan hanya mengikuti sebuah trend namun juga mengikuti kebutuhan masyarakat terutama masyarakat awam. Dengan begitu, komunikasi menggunakan event akan tetap bisa mengimbangi perkembangan zaman yang pesat.

Daftar Pustaka           
           

Share:

0 comments:

Posting Komentar