Kelas : 4DB02
NPM : 36116925
Tugas 5 Organisasi dan Metode
Saluran Komunikasi : “ Event ”
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen dalam pemakaian jasa event organizer. Selain faktor pemilihan konsumen
secara langsung melalui promosi yang dilakukan event organizer dalam pameran,
rekomendasi dari keluarga ataupun teman menjadi faktor dominan yang paling
berpengaruh dalam mempersuasi seseorang sehingga akhirnya ia memilih perusahaan
event organizer tertentu (Prativi & Sutrisno, 2008). Perkembangan zaman
yang cukup pesat membuat berbagai hal menjadi semakin canggih dan efisien. Komunikasi
menjadi salah satu hal ikut berkembang terutama dalam penggunaan nya. Penggunaan
komunikasi tidak hanya di gunakan dalam lingkup kecil lagi namun juga di
gunakan dalam lingkup yang lebih besar seperti dalam organisasi atau pun
perusahaan. Komunikasi menjadi salah satu bagian penting dalam proses
berkembang nya sebuah organisasi.
Banya macam saluran komunikasi yang dapat di gunakan dan masing
– masing memilki kelebihannya seperti salah satunya yaitu event. Seperti yang
cukup sering kita lihat di lingkungan kita banyak organisasi atau perusahaan
yang menggunakan event untuk pemesaran produk nya. Namun, poin penting dari itu
semua adalah mereka berusaha berkomunikasi dengan masyarakat dengan event yang
mereka buat. Event menjadi sarana yang cukup efektif dalam menyampaikan sebuah
informasi. Event selalu memilki ciri khas nya yang cukup melekat yaitu dengan
memberikan sebuah pertunjukan, konser, games, dan pameran. Event menjadi
saluran komunikasi yang selalu membuat masyarakat antusias.
Saluran komunikasi menggunakan event menjadi sarana yang
cukup efektif dalam menyampaikan sesuatu karena dapat menarik banyak masa dan
memberikan feed back yang cukup banyak bagi para pelaku event seperti mendapat
pengalaman baru, memahami manajemen dalam sebuah acara, melatih kerja sama tim,
dan lain-lain. Event menjadi hal yang sangat sering di gunakan organisasi dan
komunitas dalam menyampaikan informasi nya.
Namun, semakin berkembangnya teknologi terutama dengan
hadirnya sosial media dapat menurunkan eksistensi dari sebuah event. Social media
memiliki jangkauan akses yang lebih luas dan penggunannya yang praktis bisa
membuat berkurang nya pengadaan event. Dalam hal ini komunkasi menggunakan
event harus bisa mengembang kan sistem nya dan pengguanaan nya. Event harus
bisa memberikan hal baru bagi masyarakat agar dapet terus merasakan euphoria
yang event milki namun tidak di milki sosial media. Para organisator juga harus
mulai mengadakan observasi rutin untuk mengatahui apa yang masyarakat butuhkan
agar pengadaan sebuah event bukan hanya mengikuti sebuah trend namun juga
mengikuti kebutuhan masyarakat terutama masyarakat awam. Dengan begitu,
komunikasi menggunakan event akan tetap bisa mengimbangi perkembangan zaman
yang pesat.
Daftar Pustaka
0 comments:
Posting Komentar